Perbedaan Karakteristik Sepatu Pria Dari Model Dan Jenis Bahannya

6:46 PM


Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang sepatu. Sebagai seorang gentleman, Anda tidak perlu tahu segalanya, tapi Anda harus memastikan Anda tahu sedikit lebih banyak daripada rata-rata orang. Dari gaya yang berbeda dengan konstruksi sepatu, kami menggabungkan hal-hal terpenting yang harus Anda ketahui. Sebelum kita mendalaminya, mari kita lihat anatomi sepatu. Ini akan membantu Anda memahami istilah yang digunakan dalam posting ini.
Apa gaya sepatu yang saya kenakan?
 


Sebelum memulai merinci gaya yang berbeda, kami ingin Anda memahami perbedaan antara dua gaya paling populer: Oxford dan Derby. Seorang pria tidak bisa menyalahkan derby untuk oxfords. Jadi di sini adalah tip yang mudah yaitu: Lihatlah tali sepatu. Seperti yang bisa Anda lihat di bawah, seseorang memiliki tali pengikat terbuka dan yang lainnya telah menutup



Sepatu Oxford
Sepatu oxford adalah sepatu pengantin yang paling abadi dan formal dan merupakan titik awal yang baik jika Anda mencari bahan pokok klasik. Sepatu ini adalah pilihan yang sangat berguna yang bisa didandani dengan keausan atau keausan formal untuk arena yang lebih kasual. Sepatu oxford dikategorikan oleh wajahnya dijahit di bawah vamp. Ini disebut "hantaman tertutup" seperti yang kita lihat sebelumnya.



Cap-toe
Oxford cap-toe mungkin merupakan gaya sepatu Oxford yang paling luas yang ada. Warna yang paling terkenal adalah hitam dan merupakan sepatu yang paling populer untuk mayoritas produsen sepatu pria klasik. Ini juga tersedia dalam warna coklat, cokelat, cognac, oxblood, dll.
 
Ujung sayap
Wingtip Oxford memiliki tutup kaki yang runcing dengan tambahan yang disebut ujung sayap yang menyertai kedua sisi sepatu. Padahal secara teknis sepatu Oxford, ini biasa disebut sebagai Brogue (akan lihat nanti). Sepatu bila dilihat dari atas tutup berbentuk seperti 'W' atau 'M' tergantung pada tampilan.
 
Utuh dipotong
Jenis sepatu oxford ini memiliki bagian atas yang dipotong dari satu bagian kulit. Biasanya, kebanyakan sepatu terbuat dari berbagai potongan kulit yang dijahit bersama. Oxford potong utuh memiliki sistem pengikat tertutup yang unik dan fitur ini beserta struktur single piece memberikan tampilan yang sangat bersih dan halus. Ini juga membutuhkan lebih banyak kulit untuk membuat potongan utuh karena umumnya hanya memiliki satu jahitan pada tumitnya.
 
Kaki polos
Oxford polos terutama terdiri dari vamp dan kuarter. Ini tidak memiliki tutup kulit di atas kotak kaki atau broguing. Jenis oxford ini sederhana namun canggih.
Derby.


Derby
Sepatu Derby yang juga dikenal sebagai blucher atau Gibson, pada awalnya dibayangkan sebagai alat berburu dan olahraga sekitar tahun 1850-an. Pada abad ke-20, sepatu Derby menjadi diakui sebagai sepatu pas untuk kota. Derbies sebagian besar keliru sebagai oxfords, karena bentuknya sangat mirip dan perbedaannya sangat kecil. Meski perbedaannya tidak terlihat pada pandangan pertama, itu adalah dalam menempatkan wajah sepatu. Derby telah menghadapi dijahit di atas vamp sementara tab oxford dijahit di bawah vamp. Penataan ini yang disebut open hantaman memberi kesempatan untuk lebih cocok dan bagi banyak individu, ini membuat sepatu Derby menjadi pilihan yang lebih nyaman.


Cap-toe
Celana pendek cap kaki mungkin atau mungkin tidak menonjolkan penjelajahan, meskipun sering kali, penjepit biasanya terbatas pada tepi tutup kaki tapi kadang Anda juga melihat medali. Mereka kebanyakan tidak menonjolkan topi tumit, meski ada yang melakukannya. Cap kaki pendeknya agak kurang formal daripada derby polos, dalam hal formalitas.

Ujung sayap
Derby sayap-tip memiliki tutup kaki yang menunjuk yang biasanya berbentuk seperti 'W' atau 'M' atau 'U' dengan ekstensi yang berjalan baik di kedua sisi sepatu atau berhenti sebentar dari tumit dan lalu disebut ujung sayap. Mereka memiliki broguing baik di tepinya maupun di tengah dan memiliki topi tumit saat sayap tidak meluas di kedua sisi sepatu. Ini dianggap paling informal dari semua dan tersedia dalam beberapa jenis kulit.

Kaki polos
Derby polos terdiri dari seperempat dan vamp dan tidak terdiri dari tambahan lainnya seperti penjepit, cap-toes atau heel-caps. Ini disebut sebagai yang paling formal di antara beberapa jenis derbies dan biasanya tersedia dalam warna hitam; Meskipun tidak ada hari-hari mereka datang dalam banyak warna lainnya.

Brogue
Brogue adalah gaya sepatu bertumit rendah atau boot biasanya dikategorikan oleh beberapa bagian kulit tahan lama dengan jahitan dan serapan dekoratif di sepanjang sisi yang jelas. Perangkap hari ini menelusuri akarnya ke sepatu dasar yang ditemukan di Irlandia yang diproduksi dengan menggunakan pucat kulit. Brosur biasanya dilihat sebagai alas kaki di negara atau di luar rumah dan tidak cocok untuk acara santai atau bisnis, tapi sekarang, brogues dianggap sesuai dalam kebanyakan konteks. Intinya, setiap gaya sepatu dengan gerigi dekoratif menjadi brogue. Di bawah ini Anda bisa melihat berbagai jenis brogues. Bisakah kamu tahu mana yang derby?



Sepatu Strap MonkSepatu tali biarawan itu muncul sebagai desain bersertifikat untuk pertama kalinya di tahun 1901 namun lebih cenderung memiliki asal usulnya 150 tahun sebelum itu. Saat ini, sepatu tali biarawan adalah bagian penting dari koleksi sepatu pria klasik dan biksu ganda telah mencapai jenis banding mayoritas tertentu. Di negara-negara bagian di Mediterania kebanyakan, pria sering memakai biku ganda yang benar-benar atau setengah buntu untuk menekankan pandangan mereka yang acuh tak acuh.


Berikut adalah tiga jenis sepatu yang harus Anda ketahui.BucksBucks seperti oxford Blucher. Ini seperti sepatu berpakaian, tapi terbuat dari bahan suede dan biasanya memiliki sol batu bata merah. Awalnya muncul pada akhir 1800-an dan diusulkan untuk menjadi sepatu tenis. Prototipe itu dibuat dari kulit rusa Brasil atau Cina, sehingga terbuat dari kulit ular dari mana namanya berasal. Single merah dolar itu dipresentasikan pada 30-an dan uang putihnya dibuat terkenal oleh Pat Boone di tahun 50-an. Sepatu yang bagus untuk tampilan yang lebih santai.

Boot ChukkaSepatu Chukka juga berbagi beberapa kesamaan dengan sepatu swalayan dan sepatu swalayan di Jodhpur. Nama 'Chukka' berasal dari permainan Polo sehingga menghubungkannya, namun sedikit berbeda dengan boot Jodhpur yang dibuat khusus untuk Polo. Di zaman modern, sepatu Chukka telah menjadi jauh lebih serbaguna daripada aslinya dan telah disesuaikan dengan zaman. Perubahan dalam detail gaya boot yang lebih halus akhir-akhir ini menentukan apakah cocok untuk bisnis atau liburan.


Chelsea BootsSepatu Chelsea memiliki akar Victoria. Penemuan dan desain boot dianggap berasal dari pembuat sepatu Queen Victoria J. Sparkes-Hall. Namun, dia tidak akan berhasil tanpa pengembangan karet vulkanisir. Ini memiliki jari kaki bulat dan sepatu hak rendah. Ini memiliki dua bagian yang masing-masing dibuat dari satu helai kulit: vamp dan tempat tinggalnya. Strip elastis meluas sampai turun dari pergelangan kaki tapi tidak sampai ke ujungnya. Meskipun sepatu Chelsea memiliki 4 karakter pertama mereka dengan sepatu Jodhpur, 3 yang tersisa membedakannya dari sepatu Jodhpur.


Bagaimana Sepatu saya Dibuat?
 
Seorang pria harus mengerti dasar-dasar konstruksi sepatu, mengetahui bagaimana sepatu dibuat dan proses yang dilalui, sehingga dia dapat mengetahui bagaimana cara merawatnya dan mengenali sepatu berkualitas saat dia melihatnya.

 
CementingKonstruksi Semen yang juga dikenal sebagai macet pada konstruksi digunakan untuk sepatu fleksibel dan ringan dan outsole dipasang di bagian atas dengan perekat. Kebanyakan sepatu dibuat seperti ini karena harganya murah dan cepat. Jenis konstruksi ini kurang tahan lama dan berkualitas lebih rendah dari yang lain. Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi sepatu yang dibuat dengan lem dengan melihat bagian bawah sepatu untuk melihat apakah ada jahitan. Jika tidak, outsole kemungkinan terpaku ke atas.


Blake-StitchedBlake yang dijahit juga dikenal sebagai Veldt adalah teknik yang lebih murah namun lebih awet yang digunakan untuk membuat sol fleksibel yang ringan. Dalam metode ini, bagian atas, insole dan outsole dijahit bersama dari bagian dalam sepatu. Dengan cara ini, Anda tidak melihat jahitan di bagian atas sepatu tapi Anda melihatnya di bagian bawah seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini. Konstruksi ini membuat sepatu berkualitas dengan harga terjangkau.


Goodyear WeltGoodyear Welt digunakan untuk sepatu dengan kualitas terbaik, bagian atas adalah rantai yang dijahit ke tulang rusuk bagian atas dan bawah pada bagian di mana kurva berada di bawah yang terakhir. Goodyear Welt menciptakan sepatu yang lebih tebal dan lebih ringan dan prosesnya dianggap sebagai konstruksi terberat dari semua sepatu. Salah satu cara untuk mengidentifikasi wen goodyear adalah melihat di mana bagian atas dan outsole bertemu. Harus ada lapisan kulit (welt) yang dijahit ke solnya. Seperti yang bisa Anda lihat di bawah, ada jahitan di atas sol dan di bawahnya.

Bahan apa yang terbuat dari sepatu saya?
Sepatu pria dibuat dengan berbagai bahan seperti kulit, karet, suede dan banyak lagi. Mengetahui apa yang terbuat dari sepatu Anda dapat memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang fitur-fiturnya, membantu sebagai indikator kualitas dan cara yang sangat penting untuk merawat sepatu Anda.
 
KulitKulit adalah bahan sepatu bekas yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan sepatu kerja dan sepatu kerja. Ini memiliki beberapa kualitas yang menjadikannya salah satu komponen terbaik untuk pembuatan sepatu seperti breathability, moisture absorbency, customization dan durability.
 
SuedeSuede sama seperti kulit lainnya. Bila diobati dengan baik, itu berlangsung lebih lama tapi jika tidak terjaga dengan baik, maka akan hancur. Suede saat digunakan untuk memproduksi sepatu memberi tampilan yang sophisticated dan stylish.
 
KaretPenggunaan karet untuk sol sepatu biasanya dikontrakkan ke pabrik yang berfokus pada peracikan dan pengepresan bagian karet. Anda akan menemukan pembuat sepatu menggunakan sol karet untuk pegangan dan lentur yang ditambahkan.
 
SintetisBahan ini menyediakan perancang sepatu berbagai macam tekstur, warna dan fitur pada berbagai harga. Meskipun bahan sintetis pernah terlihat murah dan tidak sesuai untuk sepatu berkualitas tinggi, waktu telah berubah; Bahan sintetis ini sekarang berkinerja tinggi dan sebagian besar merupakan kombinasi dari dua lapisan.
Saat membeli sepatu, Anda benar-benar mendapatkan apa yang Anda bayar. Jika Anda mencoba memilih sepatu murah dengan sol tipis, Anda akan akhirnya membeli sepatu yang tidak hanya terlihat rata-rata tapi mungkin akan cepat aus. Anda harus membeli sepatu yang akan bertahan bertahun-tahun, jika tidak puluhan tahun, membuat jumlah penggunaan yang Anda dapatkan melebihi harganya.




Sepatu berkualitas baik adalah semua tentang produksi dan desain, dan ada beberapa hal penting yang harus dicari:
 
  • Sepatu itu harus terbuat dari kulit asli dan memiliki sol kulit juga
  • Sepatu tunggal buatan sendiri akan dijahit, tidak terpaku, sampai ke bagian bawah sepatu
  • Selain itu, lapisan pada sepatu yang lebih baik terbuat dari kulit alami atau kulit anak kulit berkualitas, bukan bahan sintetis
  • Terakhir, periksa jahitannya. Ini harus rapi dan harus hampir tidak terlihat.
    
      
Apa Warna Sepatu yang Harus Saya Pakai?
 
Tidak ada yang membuat Anda terlihat lebih gaya dan memberi Anda dorongan untuk percaya diri seperti sepasang sepatu berkualitas bagus. Setiap pria harus memiliki beberapa pasang sepatu berpakaian bagus untuk kejadian tak terelakkan yang akan memanggil mereka. Tapi juga, setiap pria perlu tahu bagaimana mencocokkan sepatu ini dengan pakaian yang tepat.
Apa yang Anda pakai di kaki Anda bisa pecah atau terlihat. Sebenarnya tidak masalah jika Anda memiliki setelan terbaik di dunia karena jika Anda memiliki sepatu yang buruk, Anda mungkin juga terguling dalam genangan lumpur. Saat memilih sepatu untuk suatu kesempatan, Anda harus memperhatikan warna, mengetahui warna mana yang cocok untuk keausan Anda atau yang tidak. Sepatu hitam cenderung lebih formal dan sepatu coklat / tan / cognac sedikit lebih rileks. Sepatu coklat sangat bagus di musim panas dengan setelan warna yang lebih terang. Cobalah memakai sepatu hitam dengan setelan hitam dan sepatu coklat dengan setelan abu-abu dan biru. Jika Anda ingin membumbui semuanya, sepatu burgundy terlihat bagus dengan jins dan blazer.

 
Merawat Sepatu Anda
Begitu Anda tahu Anda memiliki sepasang sepatu berkualitas, Anda akan ingin merawatnya dengan baik. Pasangan berkualitas dengan perawatan yang baik bisa bertahan lebih dari 20 tahun. Berikut adalah beberapa tip perawatan sepatu:
  • Bersinar sepatu Anda secara teratur
  • Bersihkan sepatu Anda secara teratur untuk menghilangkan kotoran, bekas noda dan goresan
  • Gunakan krim pelembab untuk memberi nutrisi pada kulit dan jauhkan dari retak

You Might Also Like

0 komentar

info lainnya

info lainnya

info lainnya